• PMI Kota Cilegon
  • 0254 394 617
  • Perumnas Cibeber Kencana, Kota Cilegon-43221
  • 0254 394 617

RENCANA STRATEGIS PMI 2019 - 2024

VISI :

Terwujudnya PMI yang Profesional dan Berintegritas serta Bergerak bersama Masyarakat

Profesional Bekerja sesuai standar kompetensi yang diperlukan, baik dalam berorganisasi maupun dalam memberikan pelayanan, mampu bersaing dan bekerja sesuai standar nilai dan norma yang berlaku universal serta mengutamakan perhatian kepada kelompok yang paling rentan.
Berintegrasi Dalam melaksanakan mandatnya, PMI berpegang teguh kepada Prinsip-Prinsip Dasar Gerakan Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah, kode etik dan ketentuan perundangan yang berlaku. Seluruh pelayanan PMI dapat dipertanggungjawabkan kepada seluruh pihak yang berkepentingan termasuk kepada penerima manfaat.
Bergerak Bersama Masyarakat Bekerja untuk kepentingan kemanusiaan tanpa mengesampingkan potensi yang dimiliki masyarakat, memberdayakan masyarakat dengan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki untuk meningkatkan kesejahteraan hidupnya.

MISI :

Memelihara reputasi organisasi PMI di tingkat nasional maupun internasional.

7 (Tujuh) Prinsip Dasar Gerakan Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah merupakan produk Sejarah Dunia dimana nilai-nilai yang terkandung dalam Prinsip-Prinsip Dasar tersebut perlu diwariskan dari generasi ke generasi berikutnya. Reputasi sebuah Perhimpunan Nasional, termasuk Palang Merah Indonesia sangat ditentukan oleh komitmen dan pemahaman yang baik dari semua komponen organisasi (Pengurus, Pegawai dan Relawan) dalam mengimplementasikan Prinsip-Prinsip Dasar gerakan di bidang pelayanan kemanusiaan dan tatakelola organisasi.

Oleh karena itu, diseminasi nilai-nilai yang terkandung dalam 7 Prinsip Gerakan dan produk-produk Hukum Peri-Kemanusiaan Internasional akan tetap menjadi program/kegiatan yang generik bagi setiap Perhimpunan Nasional, termasuk PMI.

Menjadi organisasi kemanusiaan terdepan yang memberikan layanan berkualitas kepada masyarakat sesuai Prinsip-prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah.

PMI, yang sudah berdiri sejak tahun 1945 dan menjadi satu-satunya organisasi penyelenggara kepalangmerahan yang diberi mandat oleh Pemerintah RI melalui Undang-Undang No.1 Tahun 2018 tentang Kepalangmerahan, perlu meningkatkan upayanya untuk menjadi organisasi kemanussiaan terdepan di Indonesia di tengah perkembangan lingkungan strategis di Indonesia dan juga di dunia.

Misi kedua ini bisa terwujud bila fungsi organisasi dioptimalkan sedemikian rupa, dengan didukung oleh SDM dan sarana prasarana yang memadai, serta menyelenggarakan pelayanan yang berkualitas, baik pada masa normal maupun kedaruratan dan  pelayanan yang sangat khas palang merah, yaitu donor darah dalam upaya membangun dan memelihara ketahanan masyarakat.

Misi kedua ini terkait dengan tugas-tugas yang dimandatkan dalam Undang-Undang No.1 Tahun 2018, pasal 22 butir-a, b, c, d, f, g disamping sebagai upaya mewujudkan kata “karakter” dalam pernyataan visi PMI di atas.

Meningkatkan integritas dan kemandirian organisasi melalui kerjasama strategis yang berkesinambungan dengan pemerintah, swasta, mitra gerakan, masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya di semua tingkatan PMI dengan mengutamakan keberpihakan kepada masyarakat yang memerlukan bantuan.

Netralitas dan kemandirian merupakan bagian dari 7 Prinsip Gerakan Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah yang menjadi landasan integritas Perhimpunan Nasional. PMI menyadari bahwa kerjasama strategis merupakan hal yang esensial untuk dapat menjalankan mandat perundang-undangan, namun pada saat yang sama PMI harus independen, dalam artian tidak tunduk atau terpengaruh pada kepentingan golongan/politik tertentu. Dalam bekerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan, PMI harus mampu memposisikan diri sebagi mitra yang layak dan sejajar dengan mengutamakan kepentingan masyarakat yang memerlukan bantuan.

Misi ketiga ini terkait dengan semua tugas yang dimandatkan dalam Undang-Undang No.1 tahun 22, Pasal 22 butir a sampai dengan h, disamping sebagai upaya¬† mewujudkan kata “Profesional dan Bergerak Bersama Masyarakat” dalam pernyataan visi PMI di atas.