BANNER INFO GRAFIS LAPSIT MAKIN TINGKATKAN KEPERCAYAAN PUBLIK BERDONASI KE PMI

CILEGON.- Infografis laporan situasi gempa & tsunami Sulawesi Tengan (Sulteng) menjadi bahan utama bagi pengurus, staf dan relawan PMI Kota Cilegon untuk menjelaskan kepada masyarakat tentang apa saja yang sudah dilakukan PMI di lokasi terdampak bencana secara detil. Kehadiran infografis tersebut akan lebih meningkatkan kepercayaan masyarakat, khususnya di Kota Cilegon untuk menyalurkan bantuannya melalui PMI.

Demikian dikatakan Ketua PMI Kota Cilegon, H. Abdul Hakim Lubis didampingi Kepala Markas, Nurwarta Wiguna, Jumat (19/10/2018). "Saat ini kami mendapatkan kiriman infografis dari Posko PMI Pusat, markas berinisiatif untuk mencetaknya dalam bentuk banner ukuran 1,5 x 1,5 meter. Banner infografis ini kemudian oleh para relawan dibawa ketika melakukan penggalangan dana di sejumlah tempat," katanya.

Dalam berbagai aksi penggalangan dana, banyak masyarakat, termasuk pelajar yang tertarik untuk mengetahui kondisi terkini serta aksi pelayanan apa saja yang sudah diberikan oleh PMI kepada korban gempa & tsunami di Sulteng. "Banner inipun menjadi background foto penyerahan bantuan, ketika ada donatur menyerahkannya langsung ke markas atau di lapangan tempat aksi galang dana," tandasnya.

Lubis menegaskan, donasi dari masyarakat Kota Cilegon untuk Sulteng meningkat drastis dibandingkan dengan donasi pada kejadian bencana lainnya, baik yang terjadi di Kota Cilegon (Banjir), Kabupaten Lebak (Gempa) dan Lombok, Nusa Tenggara Barat (Gempa). "Meski kami tidak menargetkan donasi, namun dalam beberapa hari ke depan, jumlahnya akan bertambah banyak," pungkasnya.

Ditambahkan Kepala Markas, Nurwarta Wiguna, pada rapat koordinasi tingkat Kota Cilegon yang menghadirkan perusahaan dan organisasi perangkat daerah (OPD) se-Kota Cilegon, PMI Cilegon juga menampilkan laporan situasi secara online melalui website dan banyak peserta rapat yang merespon positif tampilan tersebut. Selain itu, PMI Cilegon membuat halaman peta digital info distribusi bantuan untuk korban gempa & tsunami pada website http://pmicilegon.or.id. "Pada halaman ini, masyarakat bisa melihat satu persatu wilayah yang telah diintervensi oleh PMI, terutama bantuan logistik. Ini semua kami lakukan untuk memberikan motivasi serta penghargaan kami terhadap Markas PMI Pusat dan seluruh relawan PMI se-Indonesia yang bertugas di wilayah bencana," katanya.

PMI Makin Dicintai Masyarakat

Wakil Ketua Bidang Pengembangan Sumber Daya PMI Provinsi Banten, Wawan Mulyana, merespon positif info grafis laporan situasi yang ditampilkan oleh PMI Kota Cilegon, baik secara online di website resminya maupun dicetak dalam bentuk banner. "Ini mengindikasikan PMI Kota Cilegon melaksanakan prinsip keterbukaan informasi publik sebagai ciri dari organisasi yang baik. Kami sangat merespon positif langkah yang diambil oleh jajarang Pengurus PMI Kota Cilegon ini. Insya Allah, dengan keterbukaan informasi publik ini, PMI akan makin dicintai oleh masyarakat," ujar Wawan saat melakukan kunjungan ke Markas PMI Kota Cilegon Jumat sore (19/10/2018).

Dalam kesempatan itu juga, Wawan mengapresiasi upaya keras dari seluruh jajaran PMI Kota Cilegon dalam melakukan penggalangan dana bagi korban gempa & tsunami Sulteng. "PMI Kota Cilegon tidak hanya sekadar menghimpun dana dari masyarakat, perusahaan maupun pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Cilegon, namun para relawannya juga melakukan penggalangan dana. Bahkan yang saya tahu, setiap hari mereka melakukan penyortiran barang bantuan, terutama pakaian layak yang jumlahnya ratusan kariung," tandasnya.***

We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…