PMI CILEGON DIPERCAYA TAMPUNG DONASI UNTUK SULTENG

CILEGON.- Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Cilegon, H. Edi Ariadi memberikan kepercayaan kepada PMI Kota Cilegon untuk menampung seluruh donasi dalam bentuk uang, baik yang dihimpun dari perusahaan maupun pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Cilegon untuk disumbangkan kepada korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah (Sulteng).

Demikian disampaikan Plt Walikota Cilegon dalam rapat koordinasi yang digelar di Ruang Rapat Walikota, Kamis (18/10/2018). Rapat tersebut juga dihadiri oleh Dandim 0603 dan Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Cilegon.

"Rapat ini bertujuan untuk mengoordinasikan bantuan yang akan disumbangkan kepada korban gempa & tsunami di Sulteng. Semua bantuan dalam bentuk uang tunai dihimpun oleh PMI Kota Cilegon. Penyerahan dana bantuan, bisa secara langsung diserahkan maupun melalui nomor rekening atas nama PMI Kota Cilegon," kata Edi.

Dalam kesempatan itu, Plt Walikota mengabsen satu persatu perusahaan yang sudah ataupun belum menyalurkan bantuan untuk Sulteng. "Sebagian besar, perusahaan-perusahaan besar di Cilegon sudah menyalurkan bantuan langsung ke Sulteng," ujarnya.

Edi Ariadi berharap dalam jangka waktu satu minggu, sudah ada konfirmasi dari seluruh peserta rapat tentang penyaluran donasi melalui PMI Cilegon. "Selasa minggu depan, mudahn-mudahan sudah ada hasilnya, berapa jumlah donasi yang terhimpun dari seluruh elemen di Kota Cilegon yang akan disumbangkan ke Sulteng," tukas Plt Walikota.

Dandim 0603 Cilegon, Letkol Armed Rico Ricardo Sirait mendukung langkah yang ditempuh oleh Pemkot Cilegon untuk mengoordinasikan dan menghimpun bantuan-bantuan dari perusahaan maupun pegawai di lingkungan pemkab untuk Sulteng. Senada juga dikatakan Kejari Cilegon, Andi Mirnawaty, SH. MH. Kejari Cilegon yang berasal dari Makassar tersebut menceritakan kondisi di sejumlah wilayah paska bencana saat dirinya menyalurkan bantuan langsung ke Sulteng.

Sementara itu, sejumlah perusahaan di Kota Cilegon yang telah menyalurkan bantuan ke Sulteng menyarankan agar donasi dari masyarakat, perusahaan dan pemerintah dalam bentuk uang tunai. Salah satunya disampaikan oleh perwakilan dari PT Chandra Asri, Wawan Mulyana yang secara langsung telah mengunjungi beberapa wilayah terdampak gempa dan tsunami di Sulteng.

 

PT Krakatau Posco akan Donasikan US $100.000

Human Resource Development (HRD) PT Krakatau Posco, Andi Soko menyatakan perusahaan baja tersebut akan menyalurkan bantuan ke Sulteng melalui PMI Kota Cilegon sekitar US $100.000 atau senilai kurang lebih Rp. 1,5 miliar. "Nilai itu dari alokasi perusahaan, belum termasuk dari para pegawai PT Krakatau Posco," ujar Andi.

Dijelaskan, selama ini PT Krakatau Posco selalu menyalurkan bantuan kemanusiaan kepada PMI Kota Cilegon, khususnya bantuan bencana, baik yang terjadi di wilayah Kota Cilegon maupun luar daerah. "Sebelumnya, perusahaan kami salurkan bantuan untuk Lombok, Nusa Tenggaran Barat sebesar Rp. 100 juta dan dari serikat karyawan sebanyak Rp. 40 juta," tandasnya.

 

Berwujud Fisik Bangunan

Ketua PMI Kota Cilegon, H. Abdul Hakim Lubis dalam paparannya menyatakan telah mendapatkan informasi terkait jenis bantuan apa yang saat ini sangat dibutuhkan untuk masyarakat Sulteng, baik yang diperoleh dari PMI Pusat maupun dari sejumlah instansi di Pemerintah Provinsi Sulteng. Mantan Sekretaris Kota Cilegon itu menyarankan agar bantuan donasi nantinya untuk membiayai kebutuhan yang berwujud fisik bangunan.

"Beberapa hari lalu, Wakil Ketua PMI Kota Cilegon berkoordinasi dan konsultasi dengan Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Provinsi Sulteng. Informasi yang diterima bahwa terkait rencana pemberian bantuan kemanusiaan korban gempa bumi & tsunami di sulteng, kebutuhan mendasar saat ini antara lain, alat pengolahan air baku menjadi air bersih, hunian sementara (huntara) dan hunian tetap. Jumlah bangunan huntara sebanyak 8.000 unit. Lahan untuk pembangunan huntara disiapkan oleh Pemda Sulteng dan kebutuhan air bersih masyarakat, yang saat ini bersumber dari air tanah sebanyak 70% dan PDAM 30%," papar Lubis.

Dalam kesempatan itu Lubis menginformasikan donasi dalam bentuk uang tunai yang diterima oleh PMI Kota Cilegon per tanggal 17 Oktober 2018 sebesar Rp. 121.059.900,-.***

We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…