PMI PUSAT & AMCROSS EVALUASI IMPLEMENTASI PEDOMAN PMER

CILEGON.- Guna mengevaluasi penerapan Pedoman Perencanaan & Pelaporan atau Planning, Monitoring, Evaluating dan Reporting (PMER) di sejumlah PMI Kabupaten/Kota di Provinsi Banten, Kamis, (9/8/2018) Perwakilan dari PMI Pusat, Arif dan Direktur Program American Red Cross (AmCross), Merry Turnip didamping Kepala Markas PMI Banten, Embay Bariyah mengunjungi Markas PMI Kota Cilegon. Tim disambut oleh Pengurus PMI Kota Cilegon, Ujang Syamsul dan Muhammad Yunus serta Kepala Markas, Nurwarta Wiguna.

Dalam sambutan, baik yang disampaikan oleh perwakilan PMI Pusat maupun AmCross dinyatakan bahwa Pedoman Perencanaan & Pelaporan PMI telah diterapkan sejak tahun 2017 dan proyek kerjasama antara PMI dengan AmCros tersebut akan berakhir pada Oktober 2018 ini.

"Atas dasar itulah, kami datang ke Banten, termasuk ke Kota Cilegon dan Kota Tangerang untuk mengevaluasi secara langsung penerapan pedoman ini," kata Arif.

Sekretaris PMI Kota Cilegon, Ujang Syamsul menegaskan, penerapan Pedoman Perencanaan & Pelaporan PMI di Cilegon sudah dilaksanakan secara bertahap. "Mudah-mudahan, apa yang kami rencanakan dan laksanakan telah benar-benar mengacu pada pedoman tersebut. Dan jikapun masih ada kekurangan, kami mohon bimbingan selanjutnya," tandas Ujang.


Bangun Aplikasi SIMPADU PMER

Usai pembukaan, acara dilanjutkan dengan pemaparan dari PMI Kota Cilegon yang disampaikan oleh Kepala Markas, Nurwarta Wiguna. Paparan terkait dengan Aplikasi Sistem InformasiĀ  Manajemen Terpadu (SIMPADU) PMER PMI Kota Cilegon berbasis online. "Aplikasi ini sudah kami bangun sejak tahun awal 2017. Selama masa satu tahun, PMI Kota Cilegon telah melakukan kegiatan advokasi, sosialisasi serta bimbingan teknis bagi staf, relawan dan juga Pembina PMR terkait akan diterapkannya aplikasi ini," papar Nurwarta.

Ditambahkan, sampai dengan pertengahan 2018, aplikasi SIMPADU PMER PMI Kota Cilegon sudah 90 persen selesai dan siap untuk dihantarkan sebagai salah satu usulan pada Musyawarah Kerja (Muker) PMI Cilegon pada November atau Desember 2018.

"Aplikasi ini akan dilegalkan pada saat Muker, sehingga nanti akan menjadi alat kerja utama bagi staf, relawan dan juga para pembina PMR se-Kota Cilegon yang sudah berpedoman pada PMER PMI Pusat," tandasnya.

Dijelaskan Nurwarta, fungsi dari Aplikasi Perencanaan & Pelaporan PMI berbasis online tersebut terutama bagi Pengurus PMI adalah Manajemen Data/Dokumen, Manajemen Sumber Daya (Manusia, Sarana, Finansial & Kelembagaan), Manajemen Pengawasan & Pengendalian, Manajemen Pembinaan Pegawai & Relawan, Manajemen Penunjang Keputusan.

Direktur Program AmCross, Merry Turnip sangat mengapresiasi gagasan yang sudah dibangun oleh jajaran PMI Kota Cilegon dengan membangun aplikasi berbasis online yang sebenarnya hal itu merupakan tujuan akhir dari proyek kerjasama PMI dengan AmCross. "Semoga aplikasi ini bisa diselesaikan dalam waktu dekat ini, sehingga nantinya diharapkan bisa dijadikan rujukan oleh PMI Pusat untuk diimplementasikan, baik di tingkat kabupaten/kota, provinsi maupun secara nasional," tandas Merry.***

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More detailsā€¦