CILEGON. – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Cilegon bersama komunitas #Ajelemot berhasil mengumpulkan donasi kemanusiaan bagi korban bencana tsunami dan gempa Palu sebesar Rp 3.601.200.

Penggalangan donasi digelar di kawasan wisata kuliner Bunderan Perumnas Cibeber, Kota Cilegon Sabtu (6/9/2018) malam.

Dana sosial diperoleh dari sumbangan para pengunjung, pedagang dan masyarakat umum yang ada di sekitar Cibeber.

Fredy Indradi Ketua bidang Pengembangan Sumber Daya PMI Kota Cilegon mengungkapkan sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh anak muda Kota Cilegon dalam membantu para korban bencana alam di Palu.

“Apa yang dilakukan dari komunitas #Ajelemot ini diharapkan bisa memicu jiwa sosial komunitas anak muda lainnya dan tentunya masyarakat Kota Cilegon dalam hal kemanusiaan. Kegiatan seperti ini harus terus diadakan agar masyarakat tahu masih ada segelintir anak muda yang peduli akan nasib saudara mereka di Palu,” jelas Fredy kepada BantenEvent disela acara.

Pembina komunitas #Ajelemot Johan Singandaru mengaku sangat berterima kasih telah dipercaya dan digandeng oleh PMI Kota Cilegon dalam kegiatan sosial ini.

“Sejak berdiri Juni 2018 komunitas ini berkomitmen menjadi sebuah wadah yang menghimpun anak muda kreatif di bidang seni musik, interpreneur, videografer, dan lainnya. Lewat musik ini kami membantu menghibur pengunjung Bunderan Cibeber yang menikmati kuliner sambil berdonasi,” tutur Johan.

Sementara itu Ujang Samsul selaku sekretaris PMI Cilegon juga berterima kasih kepada komunitas, pedagang dan pengunjung atas partisipasi penggalangan dana. Event yang bertajuk ‘Dari Cilegon untuk Sulawesi’ ini diharapkan mampu meringankan bebas saudara yang terkena bencana.

“Di hari kedua pasca bencana PMI Banten, yang didalamnya juga ada PMI Kota Cilegon, sudah mengirimkan 1 unit kendaraan serba bisa ke Palu, 58 mobil tangki, 15 tenda pleton, 10 ribu dirigen air, dan 9 ton bahan pangan. PMI Banten juga akan mengirim 15 orang relawan ke Palu dalam waktu dekat ini,” terang Ujang.

Para relawan ini, lanjut Ujang, yang diutamakan dokter dan perawat. Sampai saat ini sudah ada 8 orang dokter dan 9 relawan yang akan bertugas selama 60 hari di lokasi bencana Palu, Sigi dan Donggala.***

CILEGON.- Puluhan siswa anggota dan calon anggota Unit Palang Merah Remaja (PMR) SMAN 5 Kota Cilegon, Sabtu (06/10/2018) menggelar simulasi bencana sebagai bagian dari kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat). Simulasi yang digelar di Kampus SMAN 5 tersebut dipandu Kepala Markas PMI Kota Cilegon, Nurwarta Wiguna.
“Acaranya adalah diklat bagi calon anggota PMR yang salah satu kegiatannya adalah menggelar simulasi sederhana dengan jenis bencana gempa bumi. Simulasi ini diperkenalkan kepada calon anggota PMR dari materi Ayo Siaga Bencana,” kata Nurwarta Wiguna didampingi Staf, Ade Syaifullah, Fahrullah dan tiga anggota Korps Sukarelawan (KSR), Maulidina, Syamsul dan Amirullah.
Dijelaskan Nurwarta, kegiatan simulasi merupakan bagian dari mitigasi bencana sebagai upaya kesiapsiagaan. “Tujuan utamanya adalah untuk mewujudkan sekolah yang siap, siaga dan tangguh bencana,” tandasnya.
Skenario Bencana Gempa, tambah Kepala Markas PMI Kota Cilegon tersebut, berkekuatan 6,4 yang mengakibatkan sejumlah bangunan sekolah runtuh, rusak sedang dan ringan. Sedangkan korban pada manusia, sebanyak 2 orang luka berat, 5 orang luka sedang dan 5 lainnya luka ringan. Beberapa siswa mengalami syok dan histeris.
Pada simulasi tersebut, pembina, pelatih dan Pengurus Unit PMR serta anggota sekolah lainnya harus berupaya untuk mengatasi keadaan paskagempa dan melakukan tindakan pertolongan yang dianggap perlu, sebelum kemudian datang pertolongan dari luar.
“Alhamdulillah, simulasi dijalankan dengan baik dan lancar dan mudah-mudahan ini memberikan pengalaman kepada para peserta calon anggota PMR agar siap dan siaga dalam menghadapi bencana,” tuturnya.
Dalam kesempatan itu, PMI Kota Cilegon juga menyosialisasikan hasil donasi dari masyarakat dan aksi PMI dalam Tanggap Darurat Gempa & Tsunami Sulawesi Tengah melalui website http://pmicilegon.or.id.
Kepala SMAN 5 Kota Cilegon, Agus Pancasusila didamping Pembina PMR, Annisa Diyah Wahyuni mengapresiasi praktik simulasi yang dimainkan oleh para pengurus maupun calon anggota PMR. Tujuan digelarnya simulasi tersebut agar siswa memahami tindakan-tindakan apa saja yang harus dilakukan agar selamat dari bencana.
“Mudah-mudahan, dengan praktik ini, mereka mendapatkan pengalaman berharga. Tentunya kita semua berharap, bencana tidak melanda wilayah kita. Namun demikian, waspada itu perlu dan siaga itu harus dan tangguh menghadapi bencana, itu yang sangat diharapkan,” ujarnya.***

CILEGON.- Guna menumbuhkan semangat membantu sesama dan mengenalkan kegiatan PMR,  Selasa (2/10/2018) Dinas Pendidikan Kota Cilegon menggelar Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) PMR yang dilaksanakan di Ruang Rapat Hotel Sari Kuring Indah dengan diikuti oleh 84 siswa dari 42 Sekolah SLTP Se-kota Cilegon, kegiatan Diklat tersebut di Buka Oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Cilegon, Drs. H. Muhtar Gojali.

"Kegiatan ini kami laksanakan bertujuan untuk menumbuhkan sikap kepedulian anak-anak didik dan juga untuk mengenalkan PMR kepada siswa". Ungkap Kepala Dinas Pendidikan Kota Cilegon, H. Muhtar Gojali

Lebih lanjut muhtar menjelaskan dirinya berharap setelah kegiatan ini akan semakin bertambah Unit PMR yang ada di Kota Cilegon, terkhusus untuk sekolah yang belum memiliki unit PMR untuk segera membentuk unit PMR disekolahnya.

Sementara itu, Kepala Markas PMI Kota Cilegon, Nurwarta Wiguna mengatakan pihaknya mengucapkan terimakasih kepada Dinas Pendidikan Kota Ciegon yang telah mensupport dan memfasilitasi kegiatan PMI Kota Cilegon.

"Alhamdulillah, kegiatan diklat PMR Madya Kota Cilegon berjalan dengan lancar, kami mengucapkan terimakasih kepada Dinas Pendidikan yang telah memfasilitasi kegiatan Diklat PMR Tingkat Madya ini, semoga kedepannya kita semakin bersinergi dengan Dinas Pendidikan Kota Cilegon dalam memberikan edukasi kepada siswa terkhusus dalam kegiatan PMR". Tuturnya

Dalam kegiatan Diklat tersebut juga PMI Kota Cilegon mengajak Peserta Diklat untuk melakukan do'a bersama untuk masyarakat Donggala dan Palu-Sulawesi Tengah yang terdampak musibah Gempa dan Tsunami.

Dijelaskan dalam kegiatan tersebut, PMI Kota Cilegon menugaskan 4 Personil (Nurwarta Wiguna, Ade Syaifullah, Fetty Puspita dan Fahrullah) serta 4 Sukarelawan PMI Kota Cilegon ikut hadir untuk mengisi kegiatan Diklat tersebut, dalam kegiatan ini materi yang diberikan diantaranya Materi Kepalangmerahan, Manajemen PMR, Ayo Siaga Bencana dan Pertolongan Pertama. Katanya.***
#PMISiapBantu
#DiklatPMRMadyaSeKotaCilegon
#PMIKotaCilegon
#DinasPendidikanKotaCilegon


CILEGON.- Merespon kejadian gempa & tsunami yang terjadi di Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah yang terjadi pada Jumat (28/09/2018), PMI Kota Cilegon kembali melakukan penggalangan bantuan, khususnya bagi masyarakat di Kota Cilegon.


“Beberapa jam setelah kejadian gempa dan tsunami di Donggal dan Palu, Sulawesi Tengah, Pengurus PMI melakukan koordinasi internal untuk menentukan langkah-langkah yang dianggap perlu guna membantu saudara-saudara kita yang tertimpa musibah tersebut,” kata Ketua PMI Cilegon, H. Abdul Hakim Lubis didampingi Ketua Bidang Penanggulangan Bencana, SAM Wangge dan Ketua Bidang Penggalangan Sumber Daya, Fredy Indradi.

Lubis menegaskan, hasil dari koordinasi tersebut, PMI Kota Cilegon membuka penggalangan bantuan Peduli Donggala-Palu, Sulawesi Tengah dengan menyebarkan imbauan melalui media cetak dan online, media sosial, baik facebook, instagram, maupun website resmi PMI Cilegon, http://pmicilegon.or.id.

“Target awal penggalangan bantuan adalah berupa dana yang bisa ditransfer melalui rekening atas nama PMI Cilegon, 1. Bank Mandiri, A.n. PMI Kota Cilegon, Nomer Rekening 163.00.0253567.5, 2. BCA, A.n. PMI Kota Cilegon Nomor Rekening: 652 047 0008 dan 3. BJB, A.n. PMI Kota Cilegon Nomor Rekening 028 001005836 5,” tandasnya.

Ditegaskan Lubis, berapapun hasil dari kegiatan penggalangan dana bantuan untuk Donggala dan Palu pada Minggu I dan II akan langsung ditransfer oleh PMI Kota Cilegon ke PMI Provinsi Sulawesi Tengah dengan sepengetahuan dari PMI Banten dan PMI Pusat.

“Insya Allah, Senin dan Selasa besok, kami akan melakukan rapat di Markas PMI Kota Cilegon, sambil terus berkoordinasi dengan PMI Banten dan PMI Pusat terkait perkembangan aksi tanggap darurat di sana,” katanya.

Sementara itu, Koordinator Forum Pembina PMR Kota Cilegon, Wenny P. Ningrum menyatakan, akan melakukan imbauan kepada seluruh pembina PMR, Mula, Madya dan Wira se-Kota Cilegon untuk melakukan penggalangan bantuan Peduli Donggala-Palu.
"Ini merupakan salah satu bentuk respons dan kepedulian kami atas musibah yang menimpa saudara-saudara kita di Sulawesi Tengah, khususnya di Donggala dan Palu yang terdmapak Gempa dan Tsunami," kata Wenny.
Dikatakan, pada kejadian Gempa Lombok juga, banyak unit PMR yang melakukan penggalangan bantuan di sekolah dan hasilnya disalurkan melalui PMI Kota Cilegon.

Rp. 180 Juta Lebih Untuk Lombok
Untuk diketahui, saat terjadi musibah gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat, PMI Kota Cilegon berhasil menggalang dana sekira Rp. 180 juta lebih yang diterima dari masyarakat, baik perorangan maupun lembaga/kelompok/institusi pemerintah/perusahaan. Bantuan disalurkan oleh PMI Kota Cilegon dalam bentuk dana tunai dalam dua tahap. Tahap I Rp. 16 juta lebih dan tahap II sekira Rp. 165 juta lebih.Tuturnya

Untuk informasi lebih lanjut: 1. SAM Wangge, Ketua Bid. Penanggulangan Bencana, PMI Kota Cilegon, 0823 1227 5165. 2. Alim, Staf Divisi Penanggulangan Bencana PMI Kota Cilegon, 0859 2100 8579. Katanya.*

#PMISiapBantu
#PMIGalangDonasiPeduliDonggaladanPalu_Sulten #PeduliBencanaPaludanDonggala

SERANG.- Hari ini Rabu (26/9/2018) Palang Merah Remaja (PMR) Unit SMPN 11 Kota Cilegon selenggarakan Diklat (Pendidikan dan Latihan) PMR di Bukit Lembah Hijau Mancak Kab. Serang dengan diikuti oleh Puluhan Peserta dengan Tema Kegiatan Melalui LDK Membentuk Kader Relawan yang Semangat & Berjiwa Kepahlawanan.

"Hari ini Kami dari PMI Kota Cilegon diundang dan diminta untuk memerikan materi Ayo Siaga Bencana (ASB) dan Pertolongan Pertama (PP) untuk tingkat PMR Madya, dan alhamdulillah berjalan lancar". Ungkap Kepala Markas PMI Kota Cilegon, Nurwarta Wiguna

Lebih lanjut Nurwarta mengatakan dirinya berharap dengan diberikan Materi dan pemahaman tentang PMI, akan tumbuh semangat belajar dan rasa untuk membantu pada anak-anak anggota PMR, Sehingga setelah lulus SLTA adik-adik PMR bisa menjadi relawan.

Disamping itu juga, Pembina PMR SMPN 11 Cilegon, Putri indriyani.S.Pd mengungkapkan kegiatan diklat ini untuk memberikan pemahaman kepada anggota PMR terkhusus untuk yang baru tentang kegiatan yang ada di PMR maupun PMI.

"Kegiatan ini kami selenggarakan sebagai bentuk Pembinaan untuk mengenalkan kegiatan yang ada di PMR dan PMI Kepada anggota yang baru, agar tumbuh semangat untuk bisa membantu sesama". Ungap Yani

Dijelaskan juga, Selain diberikan materi Pengenalan PMR, ASB dan Juga Ilmu PP dalam kegiatan Diklat tersebut dirangkai dengan kegiatan Simulasi Kebencanaan, lebih lanjut Pembina PMR SMPN 11 Cilegon mengucapkan terimakasih kepada fasilitator dari PMI Kota Cilegon yang telah memberikan bimbingan dan pembinaan kepada anggota PMR Unit SMPN 11 Cilegon. Katanya..***

SERANG.- Bencana kebakaran yang terjadi di Pesantren Riyadul Awamil di Kampung Cangkudu RT 10/02, Desa Sukamanah, Kecamatan Baros terbakar pada Minggu 16 September 2018 menghanguskan sedikitnya 241 Kobong, dalam bentuk kepedulianya hari ini Selasa (25/9/2018) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Ciegon berikan bantuan kepada Pesantren Riyadul Awamil.

"Kami atas nama PMI Kota Ciegon mengucapkan turut berduka atas musibah kebakaran yang terjadi di Pesantren Riyadul Awamil, hari ini kami dari PMI Kota Cilegon telah menyalurkan bantuan kepada Pesantren Riyadul Awamil di Kampung Cengkudu-Baros berupa 4 Karung Beras, 1 Karung Pakaian, 10 Pcs Sarung, 10 Pcs Sellimut dan 5 Buah Al-Qur'an, semoga bantuan yang diberikan dapat membantu saudara kita yang terkena musibah kebakaran disana". Ungkap Ketua PMI Kota Cilegon, H. Abdul Hakim Lubis.

Sementara itu Pimpinan Pesantren Riyadul Awamil, KH.Son Haji pada saat menerima bantuan dari PMI Kota Ciegon mengucapkan terimakasih kepada PMI Kota Cilegon yang telah membantu pesantrenya.

"Kami dari Keluarga Besar Pesantren Riyadul Awamil mengucapkan terimakasih kepada PMI Kota Cilegon serta kepada instansi/lembaga lainya yang telah membantu kami". Ungkap H. Son Haji .***

#PMIKotaCilegon

#PMISiapBantu

#PMIPeduli_PesantrenRiyadullAwamil

 

Markas Kota Cilegon : Jl. Belibis Raya, Perumnas Cibeber Kencana Blok E21 No.1, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon | Email : humas@pmicilegon.or.id | Telp. 0254 394 617 | Kontak Person : 087808028393 (Fahrullah/Humas PMI Kota Cilegon)