CILEGON.- Anggota Sukarelawan dan Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) PMI Kota Cilegon, hari ini, Selasa (06/03/2018) mulai mendatangi rumah warga di Kelurahan Gunung Sugih, Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon untuk menyurvei pengetahuan dan persepsi masyarakat tentang Disaster Complex.

Koordinator kegiatan dari PMI Kota Cilegon, Alim (Kepala Divisi PB & Yankessos) menyatakan, warga yang telah disurvei oleh anggota Sukarelawan dan Tim SIBAT PMI pada hari pertama berjumlah 41 orang diwilayah RW. 05 Kelurahan Gunung Sugih.

"Warga di Kelurahan Gunung Sugih yang disurvei hari ini menyambut baik kedatangan tim survei dari anggota Sukarelawan dan SIBAT PMI Kota Cilegon," kata Alim didampingi anggota Korps Sukarelawan, Iin Inayah.

Dijelaskan, target warga yang disurvei berjumlah 200 KK/orang dari 5 (lima) Rukun Warga (RW). "Anggota Sukarelawan dari unsur KSR dan TSR serta SIBAT PMI Kota Cilegon yang terlibat pada kegiatan survei ini yaitu Iin Inayah, Yudi Cahyadi, Eka Destia N, Maulidina S Putri, Masariyah, Rukhsotun Amaliah, Nurohim, Hamdanah dan Yani," ujarnya.

Sementara itu, Iin menyatakan senang bisa membantu pihak dari Universitas Indonesia dan Tohoku Jepang. "Ini merupakan yang kedua bagi saya, yang sebelumnya bulan kemarin ikut juga di kelurahan lebak gede dengan kegiatan yang sama yaitu  melakukan kegiatan survei kebencanaan kerjasama dengan pihak Universitas Indonesia dan Tohoku Jepang. Banyak ilmu yang saya dapat dari kegiatan ini," katanya.

Dijelaskan, dia dan teman-temannya dibekali berkas sebanyak belasan lembar yang sebagian besar berisi pertanyaan tentang pengetahuan dan persepsi masyarakat tentang bencana, baik akibat faktor alam maupun kegagalan teknologi. "Perlu waktu sekira 40 menit untuk mewawancarai satu orang," pungkasnya.

Perwakilan dari Universitas Indonesia (UI),Dhewi Mega Sari menyatakan tujuan survei untuk mengetahui sejauh mana pemahaman dan persepsi masyarakat tentang Disaster Complex. "Disaster Complex adalah bencana alam yang kemudian mengakibatkan terjadinya gagalan teknologi pada industri yang dampaknya lebih besar dan jangka waktu lama, baik masa tanggap darurat maupun masa pemulihannya," terangnya.

Dhewi menyatakan salut dengan kapasitas Sukarelawan PMI Kota Cilegon sebagai tim survei. "Mereka sebelumnya sudah sukses melakukan survei dikelurahan lebak gede. dan untuk hasilnya cukup memuaskan untuk hari ini, karena rekan-rekan sukarelawan PMI sudah bisa menyurvei 40 warga," katanya.***

 

 

 

 

AGENDA KERJA

Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31

Markas Kota Cilegon : Jl. Belibis Raya, Perumnas Cibeber Kencana Blok E21 No.1, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon | Email : humas@pmicilegon.or.id | Telp. 0254 394 617 | Kontak Person : 087808028393 (Fahrullah/Humas PMI Kota Cilegon)